Selamat Datang di Blog Sastra Remaja 11. Silahkan membaca artikel sastra menarik yang kami sajikan. Jika ingin mengcopy sertakan link blog ini. Dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar demi membangun blog ini.

Sega Jamblang Khas Cirebon

Assalamu'alaikum wr.wb.

Tahu Cirebon kan? Yang berada di ujung utara Jawa Barat, berbatasan dengan Jawa Tengah. Sekarang kita bahas salah satu makanan khas dari Cirebon.

Inilah Masakan Khas Cirebon yang kali ini akan saya ceritakan.


Sega Jamblang Khas Cirebon
Nasi jamblang atau disebut Sega Jamblang adalah nasi putih yang dibungkus oleh daun jati disajikan dengan berbagai  macam  lauk-pauk yang melimpah.
Asal nama nasi jamblang berasal dari sebuah daerah di sebelah barat Cirebon . Daerah tersebut bernama Jamblang (kini Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon).
Jika kita menelusuri sejarahnya, Sega Jamblang pada awalnya diperuntukan bagi para pekerja paksa (Rodi) pada zaman Belanda yang sedang membangun sebuah jalan raya Daendels bermula dari Anyer sampai ke Panarukan yang melewati wilayah Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Kasugengan. Sejak itulah makanan itu disebut Sega Jamblang.
Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun Jati sebagai pembungkus nasi. Tujuannya agar makanan yang dibungkus bisa tahan lama dan tetap terasa pulen. Hal ini karena daun jati memiliki pori-pori yang membantu nasi tetap terjaga kualitasnya meskipun disimpan dalam waktu yang lama.
Makanan digelar dengan menggunakan wadah-wadah yang masih tradisional dan seadanya. Penjual akan   menyodorkan nasi yang dibungkus daun jati tersebut kemudian kita tinggal mengambil sendiri lauk pauk yang ingin disantap. Aneka pilihan antara lain sambal goreng, paru, semur hati/daging, perkedel, sate kentang, telur, ikan asin, tahu dan tempe, otak goreng dan sambel cabe merah, tidak ketinggalan blakutak. Blakutak ini merupakan makhluk laut seperti cumi-cumi, namun dimasak bersama tintanya. Saat disantap, tinta hitamnya akan menempel di bibir dan lidah. Rasa blakutak ini benar-benar maknyus!
Pokoknya perlu dicoba yah kalo mampir ke Cirebon. Di jamin pada urug (nambah) deh makannya. Karena ketagihan sama Sega Jamblang.

Sekian infonya.Terima kasih. :)

Wassalamu'alaikum wr.wb.

2 komentar:

Silahkan berkomentar dengan menggunakan tata cara berkomentar dengan baik dan benar.
*Berkomentar dan bertanya sesuai dengan topik artikel.
*Dilarang berkomentar dengan kata-kata yang mengandung SARA, porno, kotor.
*Dilarang mempromosikan web/blog anda.
*Dilarang mencantumkan link hidup pada komentar.
*Dilarang SPAM!!!

Jika anda melanggar. komentar akan kami hapus.
Terima kasih. :)

 
| Copyright © 2012 | Menulis Karya Sastra | All Rights Reserved SR11 | Design by Yulianto Wibowo SR11 | Powered by Blogger |